Jumat, 28 November 2008

CARA MEMILIH LAPTOP

Sekarang-sekarang ini banyak iklan penjualan laptop murah. Dari merk laptop terkenal seperti Toshiba, IBM alias Lenovo, HP, Acer, sampai para pendatang baru seperti ECS, A Note, dan Benq, semua pasang advertensi. Dengan uang Rp 5 jutaan, siapa pun bisa membeli laptop yang keren dan gaya. Dari belasan merek dan jenis laptop yang bertebaran itu kira-kira mana yang cocok untuk Anda?

Berikut ini sebagian faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih laptop anda :

1. Tentukan harga

Sebaiknya kita membeli berdasarkan KEBUTUHAN bukan GENGSI.

2. Aplikasi apa yang sering dipakai:

· Kalau cuma buat ngetik, bikin presentasi powerpoint, excel, internetan, sesekali photoshop kelas Intel Celeron atau AMD Sempron pun sudah cukup. Bahkan banyak sudah dilengkapi akses Wifi. Tak perlu beli laptop dg prosesor Centrino yg mahal. Celeron/Sempron pun kuat buat Photosop-an, Corel Draw, bahkan juga QuarkExpress (desain untuk bikin koran ). Kalau mau lebih bertenaga dg laptop murah, upgrade sendiri memori atau RAM dari 256 MB –> 512 MB. Karena Windows XP itu seperti Linux kalau dipasang di komputer bermemori 256 MB memang kurang greng

· Kalau buat yg suka ngoprek program komputer, desain grafis yang berat, memang lebih enak pake prosesor kelas atas seperti Core 2, AMD Turion. Centrino atau Core Solo biasa pun sebenarnya juga sudah lumayan lah.

· Dan ingat laptop-laptop prosesor Core Duo itu saat ini pun tidak bisa running 100 persen seperti yang diinginkan produsennya. Karena, prosesor Core 2 menuntut software baru yang cocok untuk “otaknya”. Jadi, aspek kecepatan yang diharapkan dari kerja laptop Core 2 ini ya.. ndak terlalu dramatik..

3. Seberapa mobile Anda

· Semakin mobile pilih yang kecil dan ringan.

Rata-rata laptop beratnya 2,3-2,5 kg. Tapi, kalau dipake kerjanya di kantor atau kerja di kafe sih berat 2,3-2,5 kg sih masih oke.

· Semakin mobile pilih baterai yang tahan lama.

Rata-rata laptop sih baterainya 2,5 - 3 jam. Yang ultra low voltage seperti keluaran Fujitsu, Sony Vaio, Toshiba Portege bisa 4-7 jam. Bagi pengguna yang bukan high frequent flyer kelas baterai yg 2,5-3 jam pun sudah cukup.

4. Layar

· Yang kecil pilih layar 8, 10, 11 atau 12 inchi, sayangnya semakin kecil harganya semakin mahal

· Yang sedang pilih layar 13 atau 14 inchi. Yang 15 inchi biasanya lebih murah lagi. Ingin lebar tapi nggak pingin kelihatan gede pilih yang wide screen. Layar 13 wide sreen lumayan, tak terlalu kecil atau gede.

· Yang yang besra pilih layar yang 17 inchi, ini cocok buat desain

5. Reputasi merek

· IBM (sekarang Lenovo)

· Acer

· Toshiba

· ECS

· Dell

· Sony Vaio

· Hp/Compaq

· Fujitsu

· Powerbook

Faktor lainnya sih cuma asesoris seperti koneksi bluetooth, infra merah, pengaman dengan sidik jari, pembaca kartu SD. Semuanya bisa jadi pertimbangan minor.

Berikut adalah tips dan saran:

1. Pastikan untuk pekerjaan apa Laptop akan dipakai dan aplikasi apa saja yang akan di instal agar anda bisa menyiapkan anggaran nya,

2. Pilih Laptop dengan masa garansi paling lama dan lihat apa saja yang di garansi pada tahun pertama, kedua dan seterusnya baca semua peraturan yang tertulis di kartu garansi dan pilih yang mempunyai tempat service nya banyak bukan berarti banyak tempat service berarti banyak yang rusak tapi justru mereka siap untuk melayani anda dan memudahkan anda untuk repair dan konsultasi segala problem anda mengingat laptop adalah benda yang sering setia menemani anda kemana anda pergi, di pekerjaan anda apalagi jika anda sering keluar kota ataupun ke luar negeri sehingga segala masalah tidak menggangu pekerjaan anda.

3. Processor dan memory sangatlah penting karena harus seimbang dengan sistim operasi dan aplikasi apa saja yang akan anda install. Karena jika processor nya cepat tapi memory nya kecil atau sebaliknya sangat tidak menunjang untuk sistim kerja dari laptop itu sendiri jadi harus seimbang.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Dah punya laptop tuh.......!!!
:D

Jangan lupa, kunjungin myblog di
http://www.komunikasi.co.nr/

ato di
http://simael23.wordpress.com/